Kepanjangan Dari ISO, Arti Dan Manfaat Penerapannya Bagi Perusahaan

Belajar Bisnis Travel 1
Kiat-Kiat Belajar Bisnis Travel Yang Perlu Anda Ketahui
July 4, 2019
Kelebihan Rangka Atap Baja Ringan
Kontraktor Rangka Atap Baja Ringan – CV. Sinar Mas
October 3, 2018
Kepanjangan dari iso

Kepanjangan dari iso – Kepanjangan dari ISO masih sering disalahartikan oleh sebagian orang. Terutama oleh orang yang kurang memahami istilah ISO itu sendiri. Di bawah ini akan dijelaskan secara singkat tentang kepanjangan serta arti dari istilah ISO berikut manfaat penerapannya pada perusahaan.

Kepanjangan dari iso

Kepanjangan Dari ISO Dan Manfaat Penerapannya Bagi Perusahaan

Banyak orang yang menganggap kepanjangan dari ISO adalah International Standard Organizasion. Dalam bahasa Indonesia artinya Organisasi Standar Internasional. Padahal ini merupakan anggapan yang salah dan justru keliru.

Sebenarnya Kepanjangan dari ISO yaitu International Organization For Standarzation. Namun kepanjangan ISO tersebut dinilai memiliki banyak akronim. Khususnya jika diartikan dengan beberapa bahasa. Misalnya dalam bahasa inggris biasa disingkat IOS. Namun dalam bahasa prancis bisa lain lagi yaitu disingkat OIN, yang berasal dari kata OrganisationInternatioleDeNormalization.

Karena banyaknya kerancuan, akhirnya ditetapkanlah sebuah kesepakatan. Para pendiri salah satu organisasi Internasional tersebut akhirnya memutuskan untuk menyatukannya dalam istilah ISO. Hal ini agar mempermudah semua negara dalam hal pelafalan serta pemahaman tentang istilah tersebut.

ISO sendiri berasal dari kata isos. Isos ini sebenarnya dari bahasa Yunani yang juga bermakna sama. Jadi hingga kini, apapun negaranya serta menggunakan bahasa apa, tetap menggunakan istilah ISO.

Lalu Sebenarnya Apa Kepanjangan Dari ISO?

ISO (International Organization For Standardization) merupakan lembaga atau badan international yang tugasnya menetapkan standar International. Perwakilan dari badan standardisasi nasional di tiap-tiap negara di dunia yang menjadi anggota organisasi ini. Pada awal berdirinya lembaga ini mulai muncul pada 23 Februari 1947.

Mulanya ISO dibentuk dengan tujuan untuk membuat serta memperkenalkan standardisasi internasional untuk kepentingan apa saja. Misalnya standar jenis film, ukuran kartu SIM telepon, kartu ATM dan lain-lain. Dalam prakteknya, ISO akan menetapkan suatu standar dengan lebih dulu mengundang perwakilan anggotanya yang terdiri dari 130 negara.

ISO merupakan lembaga non-pemerintah. Walaupun begitu, kemampuannya dalam menetapkan standar sering digunakan sebagai hukum. Membuat keputusannya kadang lebih berpengaruh daripada organisasi non pemerintah lainnya. Hingga saat ini pun anggota organisasi ISO makin bertambah banyak.

Setidaknya sekitar 163 anggota yang berasal dari hampir semua negara di dunia. Sampai saat ini ISO makin memperluas cakupannya pada aspek bisnis dan teknologi. ISO juga akan terus berkomitmen untuk memastikan terjadinya perubahan positif dalam perkembangan dunia.

Manfaat ISO Jika Diterapkan Pada Perusahaan

Selain menentukan standar internasional di bidang industri, sebenarnya ISO punya manfaat lain. Manfaat ini tentu baik untuk kemajuan perusahaan. Berikut apa saja manfaat yang dapat diterima perusahaan ketika memutuskan untuk menerapkan ISO

  • Kredibilitas meningkat, perusahaan yang menerapkan ISO otomatis akan memiliki standar terbaik. Hal ini tentu akan menghasilkan nilai positif sehingga dapat berdampak pada kepuasan konsumen.
  • Kepercayaan konsumen meningkat. Kepuasan konsumen memang menjadi hal yang paling penting bagi perusahaan. Hal ini karena, kepuasan tersebut akan menentukan tingkat kepercayaan mereka untuk memutuskan menjadi pelanggan setia.
  • Punya jaminan kualitas berstandar global atau internasional. Bagi seluruh perusahaan yang ingin ikut sertifikasi ISO ini harus melalui serangkaian tahapan yang disebut PDCA. Tahapan ini digunakan oleh setiap jenis industri. Dengan ikut serangkaian tahapan tersebut, perusahaan otomatis akan punya jaminan kualitas dengan standar internasional.
  • Perusahaan dapat menghemat biaya. Standar ISO mengharuskan perusahaan untuk memberlakukan suatu sistem khusus sehingga bisa tahu kinerja perusahaan. Saat timbul adanya indikasi kinerja menurun atau kemungkinan produk akan gagal, maka bisa langsung dilakukan upaya pencegahan. Ini akan sekaligus dapat mengurangi biaya pemborosan jika terus memproduksi barang yang gagal.
  • Kinerja karyawan makin meningkat. Merujuk pada sistem manajemen mutu yang merupakan salah satu bagian dari ISO, mengharuskan seluruh karyawan bekerja sesuai standar yang berlaku. Ini bisa menjadi motivasi karyawan untuk bekerja lebih efisien serta makin produktif.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Itulah sedikit uraian seputar kepanjangan dari ISO. Beserta penjelasan tentang apa itu ISO dan manfaat penerapannya pada perusahaan. Dengan melihat begitu banyak manfaat yang bisa diperoleh, seharusnya semua perusahaan ikut menerapkan standar ini.

Salam Sukses – CV. Sinar Mas Jasa Konstruksi Baja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WhatsApp sekarang jg!